(Tugas) Kiat dalam Situasi Pekerjaan yang Menumpuk dan Membosankan

Hai, bertemu lagi dengan saya, Abdul Khobir Fauzi. Sebelumnya saya sempat membahas tentang bagaimana cara menggali potensi diri. Untuk kali ini, yang akan saya bahas adalah bagaimana kiat atau cara mengatasi situasi lingkungan pekerjaan yang menumpuk dan membosankan. 

Tidak semua orang memiliki pekerjaan yang sama. Tingkat kejenuhannya pun juga bergantung dari pekerjaannya. Ketika pekerjaan terasa terlalu lama dan menumpuk, tentunya akan menjadi beban untuk kita sendiri. Entah itu bosan, stres, atau hal-hal lainnya yang membuat kita tidak nyaman. Setiap orang pasti merasakan hal tersebut. Sekalipun pekerjaan tersebut merupakan passion yang mereka sukai, pastinya juga akan merasa jenuh. 

Hal ini juga sering saya alami. Salah satu contohnya adalah saat saya mengerjakan penulisan ilmiah. Banyak hal yang perlu dilakukan seperti membuat aplikasi, pengujian, dan yang pasti membuat penulisannya. Pekerjaan itu tentunya tidak bisa dilakukan dengan cepat dan kita akan terus berpikir tanpa henti. Ditambah lagi saya harus terus berada di depan laptop. Jujur saja, saya sedikit memaksakan diri saat mengerjakan tugas ini. Saya memiliki target semua proses penulisan ilmiah ini harus saya selesaikan dalam waktu satu minggu. Beruntungnya, saya dapat mengejar target saya. Tapi karena saya terlalu memaksakan diri untuk selesai terlalu cepat, kesehatan saya justru menurun. Terlalu sering berpikir dengan istirahat yang sedikit membuat saya mengalami sakit kepala yang cukup berat. Semenjak itu saya sadar bahwa memaksakan pekerjaan untuk selesai lebih cepat itu tidak baik. 

Banyak hal yang dapat dilakukan. Berdasarkan pengalaman saya diatas, saat ini saya mencoba untuk memperbaiki proses dalam melakukan pekerjaan yang saya lakukan. Misalkan seperti : 

  1. Tiap 1 jam sekali, istirahatkan mata selama kurang lebih 30 menit.
  2. Jangan lupa minum air mineral!
  3. Posisi duduk jangan terlalu kaku. Renggangkan tubuh jika dirasa tidak nyaman.
  4. Buat target dengan waktu yang lebih realistis. Sebisa mungkin dalam menentukan target, tentukan juga apa yang perlu dikerjakan tiap harinya supaya lebih tertata.
  5. Jika kesehatan dirasa sudah mulai menurun (seperti pusing, lemas, dan lainnya), jangan dipaksakan! Istirahat cukup untuk beberapa hari.

Tips diatas mungkin agak Out-of-Topic (keluar topik), tapi setidaknya itulah yang saya lakukan jika terlalu lama melakukan pekerjaan. Mungkin dalam sisi kesehatan.

Lalu bagaimana kalau pekerjaan itu mulai membosankan dan terasa jenuh? Banyak hal yang bisa dilakukan, misalkan :

  1. Dengarkan musik sambil melakukan pekerjaan. Hal ini juga dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja.
  2. Membawa makanan ringan saat bekerja juga dapat menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja.
  3. Ngobrol dengan teman terdekat juga dapat menghilangkan kejenuhan.
  4. Tidur. Mungkin untuk pekerjaan formal seperti di kantor kita tidak diperbolehkan tidur. Tapi kalau ada kesempatan, cobalah untuk tidur sejenak. 10-15 menit saja akan sangat terasa dan menyegarkan.
  5. Ibadah. Untuk orang islam, berwudhu dan sholat juga dapat menenangkan pikiran.
  6. Bermain game. Hal satu ini sering sekali saya lakukan. Ketika saya jenuh dan bosan, game dapat menghibur diri untuk sejenak. 
  7. Jika tidak sedang dalam hari kerja, liburan adalah salah satu cara paling tepat untuk menghilangkan penat dalam pekerjaan.

Kurang lebih seperti itulah tips dari saya bagaimana cara mengatasi pekerjaan yang mulai membuat jenuh dan bosan. Jika seandainya tips-tips diatas masih tidak bisa menghilangkan rasa jenuh dan bosan, berarti kamu tidak cocok dengan pekerjaan tersebut. Semakin dipaksakan justru akan sangat merugikan diri sendiri. Carilah bantuan dari orang lain yang mungkin bisa membantu. Kalau kamu sedang bekerja di suatu tempat entah kantor, perusahaan, atau yang lainnya, ada baiknya kamu berhenti bekerja di tempat itu dan cari tempat lain yang lebih baik. 

Sebagai tambahan, ada beberapa tips lain dari website zahiraccounting.com yang dapat kamu coba saat bekerja :


  1. Memikirkan Hal Menyenangkan Mengenai Bidang Pekerjaan Yang Ditekuni. Jika rasa jenuh saat bekerja mulai muncul maka ingat dan pikirkan kembali apa yang membuat Anda merasa senang selama Anda menekuni bidang pekerjaan Anda. Setelah itu jadikan hal menyenangkan tersebut sebagai motivasi Anda agar dapat kembali semangat dalam melakukan pekerjaan.
  2. Mencari Tahu Yang Menyebabkan Rasa Jenuh Saat Bekerja Itu Muncul. Rasa jenuh saat bekerja bisa datang dari mana saja, baik dari dalam diri bahkan dari lingkungan sekitar Anda. Jika rasa jenuh saat bekerja itu munculnya berasal dari dalam diri maka mulailah dengan menciptakan pikiran dan sugesti yang bersifat positif mengenai bidang pekerjaan Anda tersebut dan tugas-tugas yang telah Anda terima saat ini. Ciptakanlah rasa syukur atas pekerjaan yang telah Anda miliki karena masih banyak orang diluar sana yang ingin memiliki dan mejalani pekerjaan yang Anda tekuni saat ini.
  3. Mengubah Suasana Kerja Anda. Dengan adanya perubahan suasana tersebut seperti merubah tata letak barang pada meja kerja Anda dan peralatan kantor lain di sekitar Anda serta lebih bersosialisasi dan mengakrabkan diri lagi dengan rekan kerja Anda maka Anda dapat menghilangkan rasa jenuh saat bekerja tersebut secara sedikit demi sedikit. Untuk lebih meningkatkan motivasi Anda saat bekerja, mungkin Anda bisa memajang benda atau foto yang bisa membuat Anda bahagia di sekitar tempat Anda bekerja.
  4. Menikmati Pekerjaan Anda. Jika Anda menikmati pekerjaan yang sedang Anda jalani saat ini maka seberat apapun tugas atau pekerjaan tersebut pasti akan terasa lebih ringan jika Anda menjalankannya dengan senang hati. Tetapi, apabila Anda menjalankannya tidak dengan tulus atau secara terpaksa maka dapat dipastikan pekerjaan ringan tersebut akan terasa lebih berat dan membebani pikiran Anda.


Referensi : 



SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

1 komentar:

  1. Saving Cents Together provide differnt coupons code for brands of all cateogries you can avail them and save your money on items

    ReplyDelete